web stats
Beranda Tech Sah, Gojek Menyandang Gelar Decacorn

Sah, Gojek Menyandang Gelar Decacorn


VIVA – Aplikasi transportasi online Gojek menyusul jejak Grab yang menyandang gelar decacorn, atau nilai valuasinya US$10 miliar. Grab meraih gelar decacorn pada akhir Februari tahun ini.

Hal ini berdasarkan riset terbaru dari perusahaan penyedia platform analisis global, CB Insights, bertajuk “Global Unicorn Club”, Jumat, 5 April 2019.

CB Insights memiliki data valuasi perusahaan swasta yang dilacak menggunakan machine intelligence secara real-time. Data ini juga dikumpulkan berdasarkan nilai investasi yang masuk ke suatu perusahaan dan analisis atas valuasinya.

Keberhasilan Gojek tidak terlepas dari masifnya injeksi modal yang masuk. Terakhir, Pada awal Februari 2019, pesaing Grab ini baru saja mengumumkan perolehan pendanaan dari fase pertama putaran seri F.

Pendanaan tersebut dipimpin oleh sejumlah perusahaan dengan nama besar, yaitu Google, JD.com, Tencent, Mitsubishi Corporation, dan Provident Capital, yang nilainya lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp13,9 triliun.

Dengan suntikan dana tersebut, nilai Gojek saat itu berkisar di antara US$8 hingga US$10 miliar atau Rp111,5 hingga Rp139,4 triliun. Lalu, pada 2018, Gojek sukses menghimpun dana hingga US$ 1,5 miliar dari sejumlah investor.

Berdasarkan data CB Insight, Gojek menduduki peringkat ke-19 secara global. Untuk perusahaan sejenis, valuasi Gojek kalah dari Grab yang sudah mencapai US$11 miliar.

Sementara valuasi terbesar untuk perusahaan transportasi online dipegang Uber dengan valuasi yang sudah mencapai US$72 miliar.



Sumber: Viva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Fitur Baru Instagram Dapat Batasi Pengiriman Pesan

Jakarta - Instagram dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menentukan siapa saja yang bisa mengirim pesan di fitur Direct Message (Pesan). Temuan...

Hari Pertama Brexit, Produksi Mobil Toyota di Inggris Berhenti

Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota berencana menghentikan sementara operasi pabrik di Inggris sehari setelah pengumuman Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit). Upaya ini dilakukan buat...

Google Temukan Situs Penyebar Malware bagi iPhone

Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti keamanan di Google menemukan sejumlah situs berbahaya yang dapat mengancam pengguna iPhone. Pengguna iPhone yang mengakses situs tersebut secara...

Apple Makin Rajin Potong Harga iPhone, Sekarang di India

Jakarta - Sejak kalender 2019 bergulir, Apple sangat rajin melakukan pemotongan harga iPhone di China. Paling tidak, ada lima ponselnya yang sudah menjadi...