web stats
Beranda Tech Tips Menyembunyikan Jejak Digital di Google

Tips Menyembunyikan Jejak Digital di Google


VIVA – Tidak banyak orang yang tahu bahwa akun media sosial berisi data pribadi seseorang seperti profil, foto dan tulisan, bisa diketahui orang lain hanya dengan mencarinya di mesin pencarian Google.

Pengguna media sosial tentu tidak menginginkan data pribadi mereka terungkap ke sembarang orang. Salah satu caranya dengan ‘menyembunyikan’ jejak digital.

Meskipun ada beberapa yang tidak bisa tetapi pengguna masih dapat menjaga kerahasiaan data mereka.

Baru-baru ini, seorang warganet lewat akun Twitternya, @apriandhys, seperti dikutip VIVA, Jumat, 5 April 2019, memberikan tips supaya link media sosial pengguna tidak muncul di Google.

Berikut sepuluh langkah yang harus diikuti:

1. Masukkan nama lengkap dan panggilan Anda yang dikenal orang lain di mesin pencari Google. Setelah itu akan keluar sejumlah profil media sosial yang pernah dibuat seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Tumblr, hingga blog pribadi.

2. Tentukan jejak digital apa yang mau ‘disembunyikan’. Ketentuan selanjutnya direkomendasikan dilakukan dengan menggunakan dekstop PC atau laptop.

3. Untuk Facebook, jika ingin akun Anda tidak muncul di laman mesin pencarian. Login terlebih dahulu ke akun, kemudian ke Setting.

Pilih Tab Privacy yang letaknya di sebelah kiri. Lalu, arahkan kursor ke opsi paling bawah, ‘Do you want search engine outside of Facebook to link to your profile?’, edit ceklis, dan silakan mengubahnya menjadi ‘No’.

4. Jika Anda sudah melakukannya, maka hasil pencarian nama yang mengarah ke link Facebook tidak akan lagi muncul di Google. Pengaturan lebih detail juga bisa diatur saat pengguna memosting sesuatu ke Facebook. Saat ingin memposting ke Facebook, pilihlan opsi ‘Friends’ di kolom ‘Who should see this?’.

5. Untuk Twitter. Hasil pencarian ke profil Twitter tidak bisa dihilangkan dari Google, maka yang bisa Anda lakukan adalah mengunci akun Twitter supaya tidak terbuka secara publik. Masuk ke setting, klik Privacy and safety, ceklis “Protect your Tweets”.

6. Sementara Instagram, sama seperti Twitter, Anda tidak bisa menghapusnya dari Google. Tapi akun Instagram bisa dikunci. Jika Anda ingin lebih rahasia lagi, edit bio di Twitter dan Instagram, termasuk URL, lalu hindari memasukkan informasi yang terlalu pribadi.

7. LinkedIn. Pengaturan privasi LinkedIn lebih mirip dengan Facebook. Profil Anda hanya bisa dilihat oleh orang yang telah login ke LinkedIn. Setelah login lalu klik https://www.linkedin.com/public-profile/settings, kemudian matikan “Profile Public Visibility”.

8. Untuk Tumblr, media sosial ini juga bisa disembunyikan dari Google. Nantinya, Tumblr hanya akan bisa diakses oleh Anda yang sudah login, lalu klik https://www.tumblr.com/settings/blog/. Pada opsi di bagian bawah, Visibility, aktifkan keduanya.

9. Khusus Blogger akan lebih rumit, Mengapa? Karena, pertama Anda harus mengaktifkan Specific robot tags. Login ke Blogger, cari Setting, ceklis sesuai contoh, lalu simpan. Jika blog ingin dikunci, cari Setting seperti pembaca, lalu ubah ke private/pribadi.

10. Terakhir, WordPress dan platform blog lainnya. Silakan otak atik pengaturan privasinya pada Setting. Untuk blog yang dibuat dengan hosting sendiri, termasuk CMS WordPress, bisa tambahkan no robots.txt untuk berisi no index no follow. Selamat mencoba. (ann).



Sumber: Viva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Apple Makin Rajin Potong Harga iPhone, Sekarang di India

Jakarta - Sejak kalender 2019 bergulir, Apple sangat rajin melakukan pemotongan harga iPhone di China. Paling tidak, ada lima ponselnya yang sudah menjadi...

Soal Jaringan Operator di MRT Jakarta, XL Axiata Minta Syarat

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mengaku masih berdiskusi dengan PT MRT Jakarta terkait pemasangan jaringan telekomunikasi di moda transportasi Mass Rapid...