web stats
Beranda Tech XL Fokus Bangun Jaringan, Area Timur dan Terluar jadi Perhatian

XL Fokus Bangun Jaringan, Area Timur dan Terluar jadi Perhatian


VIVA – Pembangunan jaringan menjadi salah satu fokus XL Axiata pada 2019. Perusahaan telekomunikasi itu berencana membangun jaringan ke wilayah terluar dan Indonesia bagian timur. 

“Kita terus investasi di luar Jawa. Sekarang ini di luar Jawa momentum sangat bagus. Sekarang kita masuk ke new coverage areas itu bakal mendatangkan revenue di luar Jawa,” ujar Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajudin di Banyuwangi, Kamis malam 5 April 2019. 

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, dulu membangun jaringan di wilayah Indonesia bagian timur hampir tidak ada. Tapi saat ini sudah mulai salah satunya di Nusa Tenggara dengan 31 Kota dan Kabupaten. 

Wilayah Indonesia bagian timur memiliki tantangan dalam pembangunan jaringan. Transportasi tradisional sudah tidak bisa digunakan, maka dari itu jaringan harus menggunakan fiber optik. 

“Harus ubah investasi ke serat optik,” kata dia. 

Soal Palapa Ring, dia mengaku sudah membangun untuk koneksi di wilayah Anambas. Jaringan sudah ada dengan fiber optik Palapa Ring Barat. 

“2019, kita juga ada rencana hubungan Palapa Ring Timur dari Waingapu ke Kupang,” ujar Yessie. 

Palapa Ring merupakan program pemerintah untuk membangun infrastruktur di daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T). Yessie menuturkan, XL Axiata memetakan daerah mana saja yang perlu untuk digunakan. 

Perluasan jaringan ini, menurut Yessie, merupakan bagian dari program XL Axiata untuk makin luas. Program lainnya termasuk dalam Jadi Lebih Baik Bersama dengan tambahan Lebih Nyaman dan Lebih Cepat. 



Sumber: Viva

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Menabur Data Pribadi ke Publik Jangan seperti Memutar Telapak Tangan

VIVA – Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) menegaskan bahwa data pribadi tidak boleh sembarangan disebar ke publik. Artinya, harus ada syarat berupa izin jika sebuah...

Lebih Ganas dari Corona, Virus Ini Bikin Manusia Jadi Zombie

VIVA – Wabah zombie yang menjadi ketakutan sebagian besar umat manusia, ternyata bisa menjadi kenyataan, menurut para ilmuwan. Walaupun tidak mungkin orang mati akan bangkit dan...

Cek Tiga Fitur Baru Buat Pengguna WhatsApp Business

VIVA – WhatsApp baru saja mengumumkan kehadiran tiga fitur tambahan yang hadir dalam versi terbaru aplikasi WhatsApp Business, termasuk untuk para pengguna di Indonesia.Pihak WhatsApp mengatakan,...